Quality Control Base Plate Pada Struktur Baja

Base plate adalah bagian dari struktur baja yang berfungsi untuk menghubungkan struktur baja bagian atas dengan struktur pondasi pada bagian bawah
Meskipun namanya struktur baja, struktur baja tetap tidak bisa berdiri sendiri tanpa struktur beton. Karena menurut hematnya, untuk pondasi sebaiknya menggunakan struktur beton.
pelat dasar merupakan bagian dasar kolom yang menghubungkan atau mengikat kolom dan fondasi.

Beban bangunan dari bagian atas dan tengah yang diterima oleh kolom baja akan diteruskan ke struktur bawah (fondasi) melalui pelat dasar. Sebagai landasan, pelat dasar akan meratakan beban yang diterimanya dari kolom, lalu meneruskannya ke fondasi.

Sambungan antara kolom baja dan pelat dasar dilakukan dengan sistem las. Sementara, antara pelat baja dan fondasi diikat menggunakan sistem angkur. Mengingat pentingnya fungsi pelat dasar, posisi pertemuan kolom baja, base plate (pelat dasar), dan permukaan atas fondasi merupakan titik yang sangat krusial. Oleh karena itu perencanaan dan penyambungannya harus dilakukan dengan teliti.

Perencanaan harus dilakukan dengan memperhitungkan berbagai gaya dan faktor yang akan memengaruhinya. Selain menerima gaya tekan dari kolom, pelat dasar juga akan dipengaruhi oleh gaya geser dan juga gaya tarik. Bagaimanapun ada faktor luar seperti kekuatan angin, gempa atau getaran bumi, dan lainnya. yang akan memengaruhi kestabilannya.

Dengan bantuan seorang Tenaga  ahli Struktur perhitungan tersebut akan menghasilkan dimensi luasan dan ketebalan plat baja secara tepat; juga ukuran panjang minimum angkur ataupun diameter baut; jarak antara baut ke ujung pelat dasar; jarak antar baut; dan sebagainya. Kesalahan dalam perhitungan tentu akan memengaruhi kekuatan struktur baja secara keseluruhan.

Berikut ini proses dokumentasi kami saat  pelaksanaan pemasangan base plate /plate plendes pada Kolom pedestal  sekaligus  supervisi sbg Quality control kami   pd Project “pembangunan Ruang kerja dengan struktur baja – Citranet ” untuk Memastikan agar Pelaksanaan bisa  sesuai Dg Spesifikasi dan Gambar perencanaan Struktur yg sudah kita buat sebelumnya , Dari hasil pengukuran diperoleh hasil : kesempurnaan pengelasan angkur- Dimensi Baut angkur 19 mm,ketebalan base plate/plate plendes 10 mm, Dimensi base plate /plate plendes 25 x 35 cm.
Setelah kita Cek Realisasi = Gambar perencanaan Struktur Sehingga kesimpulan kami bisa dilanjutkan dg Pekerjaan selanjutnya yaitu Pekerjaan Pengecoran beton pd Sloof dan kolom pedestal.
.
.
Setiap Project (Design & Build) yg diamanahkan kpd kami kmsgroups selaku kontraktor sangat peduli dan penuh perhatian pd setiap detail (ketepatan Ukuran/Dimensi yg sesuai standard kualitas SNI) ,Karena kami percaya Klien kami berhak mendapat jaminan kualitas yg terbaik Bahkan dari Aspek Terkecil 🙏🏼. .

Quality control ketebalan plat plendes (10mm) menggunakan alat ukur sketmat.

.

Proses pengelasan baut angkur pada tulangan kolom

.

Quality control ketebalan plat plendes (10mm) menggunakan alat ukur sketmat.

.

Quality control dimensi plat plendes 25Cm X 35CM menggunakan alat bantu meteran

.

Quality control baut angkur plendes (19mm) menggunakan alat ukur sketmat

.

.

Monggo Bagi Bapak/Ibu yang mempunyai Rencana membangun Rumah/kost ekslusif /Ruko/Hotel/Kantor Baru atau Renovasi. Serta Berkeinginan untuk mencari Perusahaan Jasa Rancang Bangun (Design & Build) konstruksi Terbaik di Yogyakarta. Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan informasi dan konsultasi lebih lanjut di

: ☎ : 0274-885949 – WA: 087838172999

Website : www.kmsgroups.com
Instagram : @kmsgroups
Youtube : kmsgroups Official
Office : CV.Karya Mandiri Sejahtera
Jl.kaliurang Km 6 Pandega Sakti No .10
Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta
.
.
.
#qualitycontrol #kolompedestal#baseplate#plateplendes#angkur#bautangkur#ahlistrukur#strukturbaja#dimensibaja#pengelasanangkurbaja#baseplatestrukturbaja#besiulirsni #supervisi #kontraktorprofesional #sni #besiperwira #besiks #lautansteelindonesia #kontraktorjogja#footplat #pondasicakarayam#besipondasifootplat#Besistandardni#sketmat

× Chat WA Langsung Klik