rwp.ru idc2019.ru

Pelatihan Automatic Pesticide Meter

Pengadaan Automatic Pesticide Meter

          Pentingnya mengetahui kandungan pestisida pada sayur, buah dan produk olahan makanan lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan alat  Automatic Pesticide Meter. CV Karya Mandiri Sejahtera bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman mengadakan Pelatihan Automatic Pesticide Meter G9-SAR-II pada hari Jumat, 12 Mei 2017 pukul 09.00 wib yang diikuti oleh -/+10 orang peserta. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menjelaskan cara penggunaan alat Automatic Pesticide Meter untuk mendeteksi adanya kandungan pestisida golongan organofosfat dan carbamat dengan sistem tehnologi layar sentuh.

 

          Automatic Pesticide Meter adalah alat uji residu pestisida golongan organofosfat dan carbamat dengan sistem teknologi layar sentuh yang dilengkapi dengan reagen untuk pengujian. Hasil pengujian diperoleh dalam waktu    10 – 15 menit. Alat ini untuk mendeteksi dengan cepat dan tepat serta akurat kandungan air dan pestisida pada makanan, buah, sayuran serta produk pangan lainnya. Dalam satu kali pengujian, alat ini dapat mendeteksi berbagai macam senyawa pestisida berbahaya termasuk logam berat. Alat ini dapat mendeteksi sampai satuan ppb (part per billion).

Pada pelatihan ini dilakukan pengujian dengan mengambil sampel daun seledri. Langkah-langkah pengujiannya sebagai berikut :

  1. Siapkan alat Automatic Pesticide Meter

2.  Siapkan air suling dan sampel daun seledri yang telah dipotong kecil

3. Ambil potongan sampel lalu masukkan ke dalam gelas/wadah dan tuangkan air suling secukupnya

4. Sampel yang telah diberi air suling kemudian diaduk-aduk

5. Air hasil perendaman dipipet menggunakan kertas filtrat dan air filtrat siap diuji.

6.  Siapkan rapid tes dan teteskan air filtrat sebanyak 5 – 7 tetes, kemudian diamkan selama 12 menit

7.  Masukkan rapid tes pada Automatic Pesticide Meter dan hasilnya bisa diketahui

Pada hasil pengujian tersebut menunjukkan negatif sehingga dapat disimpulkan bahwa daun seledri tidak mengandung pestisida golongan organofosfat maupun carbamat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Kmsgroups

× Chat WA Langsung Klik