rwp.ru idc2019.ru

Ciptakan Rumah Sehat dan Nyaman

Kenyamanan rumah tinggal tidak hanya ditentukan oleh lokasi, desain yang cantik, atau bahan bangunan yang digunakan. Lingkungan yang sehat, udara bersih, serta cahaya yang masuk ke rumah juga berpengaruh dalam memberikan kualitas kesehatan dan tingkat kenyamanan.

Rumah yang baik seharusnya memiliki sistem ventilasi yang baik pula sehingga dapat mengontrol kelembaban ruangan, dan dapat mencegah terbentuknya jamur. Jamur yang terbawa udara dan terhirup penghuni rumah dapat mengganggu kesehatan. Penggunaan peralatan ventilasi membantu menjaga sirkulasi udara tetap bersih sehingga mencegah pertumbuhan jamur yang berbahaya.

Penggunaan kipas angin atau blower dapat membantu sirkulasi udara dalam ruangan, karena dapat mengontrol suhu ruangan dan mencegah kerusakan alat-alat elektronik seperti komputer, televisi, dan sebagainya. Pasalnya, benda-benda tersebut memiliki tingkat toleransi terhadap suhu dan kelembaban di sekitarnya. Penggunaan exhaust fan juga dapat menghindarkan ruangan dari bau busuk dan tak sedap. Udara bercampur asap yang dihasilkan saat memasak dapat dengan mudah diusir keluar ruangan.

Hal berikutnya adalah sistem pencahayaan. Pencahayaan yang baik dan sehat dihasilkan oleh sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari memancarkan sinar ultraviolet yang berguna bagi tubuh, seperti membunuh bakteri atau kuman penyakit serta dapat menjaga ruangan agar tidak lembab. Desain dan penempatan jendela atau pintu berpengaruh terhadap volume sinar ultraviolet yang masuk ke dalam rumah.

Sistem ventilasi dan pencahayaan memang sudah sepatutnya diterapkan pada setiap rumah agar sehat dan nyaman. Namun, hal ini dapat menjadi kendala bagi hunian dengan lahan terbatas.

Untuk menyiasatinya, kehadiran ruangan atau area seperti void di dalam rumah sangat bermanfaat. Void merupakan daerah terbuka di dalam rumah yang tidak dihalangi oleh bangunan seperti kolom, balok, dan lantai. Void dapat diletakkan di ruang keluarga, ruang tamu, ataupun ruang lain yang masih berada di dalam rumah. Pemilihan jenis void pun harus dilakukan dengan cermat supaya tidak hanya dapat menerima cahaya, tetapi juga memberikan ruang agar udara bebas masuk dan keluar ruangan. Salah satu bahan penutup yang dapat dijadikan alternatif adalah alumunium yang dipasang dengan sistem buka tutup.

Sumber :klasika.kompas.id

× Chat WA Langsung Klik