Perbandingan Kusen Kayu, Aluminium, Dan UPVC Untuk Rumah tinggal Anda
July 26, 2017
Tahapan Pembangunan Rumah Dari Awal
August 3, 2017

Jenis Bahan Dasar Plafon

Plafon merupakan pembatas antara atap dengan ruang yang ada di bawahnya. Plafon berfungsi untuk melindungi rumah dari hawa yang sangat panas di siang hari dan hawa yang sangat dingin apabila hujan turun. Selain itu, plafon juga mempengaruhi peletakan atau pemasangan lampu di rumah.

Untuk membuat sebuah rumah dengan desain interior yang indah, salah satu kunci utamanya adalah terletak pada plafon dan lampu.

Untuk membuat desain plafon di rumah minimalis, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan utama pembuatan plafon. Biasannya, plafon dibuat dari bahan-bahan seperti GRC, PVC dan gypsum.

Jenis Bahan Dasar Plafon Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Bahan Dasar Plafon

Ketiga bahan dasar pembuatan plafon yaitu GRC, gypsum dan PVC tentunya mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan bahan-bahan pembuatan plafon rumah minimalis.

  1. Plafon yang terbuat dari bahan gypsum

 

Kelebihan dari bahan gypsum dalam proses pembuatan plafon yaitu mudah dibentuk sehingga apapun desain plafon yang anda inginkan akan sangat gampang didapatkan jika menggunakan bahan yang terbuat dari gypsum.

Kelebihan lainnya dari bahan gypsum ini yaitu tidak cepat menyusut atau memuai meski suhu dan temperature ruangan selalu berubah. Namun, plafon yang terbuat dari bahan gysum tidak tahan dengan air. Apabila hujan, jangan sampai atap rumah anda bocor karena akan berdampak dengan plafon rumah anda.

  1. Plafon yang terbuat dari bahan GRC

Plafon yang terbuat dari bahan GRC mirip dengan plafon yang terbuat dari bahan gypsum. Kelebihan dari bahan GRC untuk membuat plafon yaitu mudah dibentuk dan tahan terhadap air atau kedap air.

Sedangkan kekurangannya yaitu cepat menyusut dan memuai jika terjadi perubahan temperature atau suhu di dalam ruangan. Sehingga, plafon yang terbuat dari bahan GRC tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

  1. Plafon rumah yang terbuat dari bahan PVC

Berbeda dengan kedua bahan pembuatan plafon di atas, plafon yang terbuat dari bahan PVC mempunyai daya tahan yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan bahan gypsum dan GRC.

Meskipun bahan PVC tidak juga bisa menyusut atau memuai, tetapi tingkat penyusutannya lebih kecil dibandingkan dengan bahan GRC. Dan juga, bahan PVC lebih tahan dengan air serta juga mudah untuk dibentuk.

Jika anda menginginkan plafon yang bagus serta tahan dalam jangka waktu yang panjang, pilihlah bahan pembuatannya dari PVC. Namun, biaya yang anda keluarkan akan jauh lebih besar.

Nah itu dia di atas ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan 3 jenis bahan dasar plafon. Semoga bermanfaat.

 

 

 

SumberĀ  : http://teknikarsitektur.com/jenis-bahan-dasar-plafon/

Sumber gambar : www.google.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *